. team kayu.tk: Himpala Garap Hutan Kampus
TEAM KAYU ( SOUL OF SOLIDARITY )

Minggu, 18 Desember 2011

Himpala Garap Hutan Kampus


     Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himpala) Universitas Riau Kepulauan (Unrika) kini tengah berbenah untuk membangun "Hutan Kampus" di lahan belakang kampus Unrika, Batuaji seluas kurang lebih 500 meter persegi.
Konsep pembangunan hutan kampus tersebut merupakan salah satu komponen ruang terbuka hijau. Selain itu keberadaannya juga sangat berfungsi sebagai sistem hidrologi (Serapan air) yang mampu menciptakan iklim mikro, menjaga keseimbangan oksigen (02) dan karbondioksida (Co2), dapat mengurangi polutan dan meredam kebisingan.

       "Hutan kampus ini akan menambah nilai estetika dan keasrian lingkungan kampus," kata Ronald, Ketua Himpala Unrika kepada PODIUM, Senin 21 November 2011.
Menurut Ronald, dengan adanya hutam kampus diyakini akan meningkatkan kualitas lingkungan yang tentu saja berdampak positif pada kualitas belajar mengajar di kampus Unrika.

            Saat ini, lanjut Ronald tahapan pembangunan hutan kampus memasuki tahap pengumpulan bibit. Sedangkan penataan dilakukan dengan pola konvensional yakni dengan penanaman bibit secara langsung berkala.

        "Sejauh ini, pihak Rektorat mendukung penuh terciptanya hutan kampus di Unrika," katanya optimis.
Penyediaan pohon-pohon kategori keras dan tinggi juga diperoleh Himpala, kata Ronald dari sumbangan pihak ketiga dan persediaan kampus. Jika dalam perjalanan di hutan menemukan pohon yang layak untuk ditanam, pun dapat dimanfaatkan.
Ade P. Nasution, Pembantu Rektor I Unrika kepada PODIUM mengaku menyerahkan pelaksanaan pembangunan hutan kampus sepenuhnya kepada tim di Himpala dengan dibimbing salah seorang pembina yang ditunjuk rektorat.
"Hutan kampus diharapkan mampu memberi warna bagi pertumbuhan positif universitas ini," kata Ade.

            Selain itu, Unrika, lanjut Ade saat ini memang tengah merangsang mahasiswa untuk berperan aktif dalam gerakan kampus ramah lingkungan (Environmentally Friendly Campus).
Untuk mewujudkan program tersebut seperti dijelaskan dalam artikel Unrika Menuju Clean and Green Campus di www.unrika.ac.id diperlukan penerapan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup yang baik seperti kebersihan dan keteduhan, pengelolaan limbah, konservasi energi dan sumberdaya alama.
mewujudkan Clean and Green Campus dimana kampus tersebut telah menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup yang baik diantaranya ialah kebersihan dan keteduhan, pengelolaan limbah, konservasi energi dan sumberdaya alam. Ade P Nasution menyampaikan bahwa program ini mempunyai sasaran antara lain :


1) Diterapkannya pengelolaan sampah dengan pola 3R (reduce, reuse, recycle).
2) Terwujudnya lingkungan kampus yang bersih, teduh dan sehat.
3) Terkendalinya  pencemaran air, tanah dan udara di lingkungan kampus.
4) Meningkatnya konservasi energi dan sumber daya alam.

Sebagai pilot project, pada tahun 2010 telah dilakukan sosialisasi Clean and Green Campus pada 12 kampus di Wilayah Sumatera antara lain USU, UNIMED, UNRI, UIR, Unsri, dan kampus lainya dan pada tahun 2011, ada 24 kampus se sumatera termasuk Universitas Riau Kepulauan Batam

      Dalam waktu dekat ini, UNRIKA Batam segera membenahi masalah sampah dan kebersihan, merencanakan konservasi air dan penghematan energy. Pada tahun 2010 lalu, Universitas Riau Kepulauan Batam berkerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam (HIMPALA) UNRIKA telah mulai merintis hutan kampus (Arboterium) seluas 0.5 Hektar yang ditanami berbagai tanaman yang dikategorikan langka seperti meranti, jelutung dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai pelestarian dan sarana.


Sumber : http://www.podiuminteraktif.com/berita-1288-himpala-optimis-garap-hutan-kampus.html & www.unrika.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini